Profile

Join date: Nov 10, 2022

About

Baterai mobil yang terisi dalam 10 menit


Pengisian cepat kendaraan listrik dipandang sebagai kunci pengambilan, sehingga pengendara dapat berhenti di stasiun layanan dan mengisi penuh mobil mereka dalam waktu yang dibutuhkan untuk minum kopi dan menggunakan toilet – tidak lebih lama dari istirahat konvensional .


Tetapi pengisian cepat baterai lithium-ion dapat menurunkan baterai, kata para peneliti di Penn State University di AS. Ini karena aliran partikel lithium yang dikenal sebagai ion dari satu elektroda ke elektroda lain untuk mengisi unit dan menahan energi yang siap digunakan tidak terjadi dengan lancar dengan pengisian cepat pada suhu yang lebih rendah.


Namun, mereka sekarang telah menemukan bahwa jika baterai dapat memanas hingga 60°C hanya selama 10 menit dan kemudian dengan cepat mendingin kembali ke suhu sekitar, lonjakan litium tidak akan terbentuk dan kerusakan akibat panas dapat dihindari.


Desain baterai yang mereka buat adalah pemanasan sendiri, menggunakan foil nikel tipis yang menciptakan sirkuit listrik yang memanas dalam waktu kurang dari 30 detik untuk menghangatkan bagian dalam baterai. Pendinginan cepat yang diperlukan setelah baterai diisi akan dilakukan dengan menggunakan sistem pendingin yang dirancang di dalam mobil.


Studi mereka, yang diterbitkan dalam jurnal Joule, menunjukkan bahwa mereka dapat mengisi penuh kendaraan listrik dalam 10 menit.


Neuron buatan pada chip silikon


Para ilmuwan telah menemukan cara untuk menempelkan neuron buatan ke chip silikon, meniru neuron dalam sistem saraf kita dan menyalin sifat listriknya.


Untuk mendapatkan informasi dan referensi tekno terbaru, kunjungi situs dementekno.com


“Sampai sekarang neuron seperti kotak hitam, tetapi kami telah berhasil membuka kotak hitam dan mengintip ke dalam,” kata Profesor Alain Nogaret, dari University of Bath, yang memimpin proyek tersebut.


“Pekerjaan kami mengubah paradigma karena menyediakan metode yang kuat untuk mereproduksi sifat listrik neuron nyata secara detail.


“Tapi lebih lebar dari itu, karena neuron kita hanya membutuhkan daya 140 nanowatt. Itu adalah sepersejuta kebutuhan daya mikroprosesor, yang telah digunakan oleh upaya lain untuk membuat neuron sintetis.


Para peneliti berharap pekerjaan mereka dapat digunakan dalam implan medis untuk mengobati kondisi seperti gagal jantung dan Alzheimer karena membutuhkan daya yang sangat kecil.

dementeknocom

More actions